Membuat template Joomla (Bagian 2)

Sabtu, 19 Januari 2008

Tools - tools

di Bagian kedua ini kita akan membahas tentang tool-tool yang akan membantu kita dalam pembuatan template.
Berikut ini adalah beberapa tools yg biasa saya pergunakan dapat membantu pekerjaan saya dalam membuat template joomla :

Photoshop dan Tools desain lain
Banyak software pengolah grafis yang bisa digunakan, diantaranya adalah Photoshop, Fireworks, Paintshop Pro, Corel Photopaint, Gimp (untuk pengguna linux) dan sebagainya. Pada dasarnya semuanya dapat dipergunakan akan tetapi akan lebih baik menggunakan software yang mempunyai fasilitas-fasilitas optimalisasi gambar untuk web seperti fungsi ’Save for Web’ nya photoshop.

Dreamweaver
Aplikasi pengolah bahasa pemrograman web keluaran Macromedia ini sekali lagi juga bukan merupakan keharusan. Anda masih bisa menggunakan banyak sekali aplikasi pengolah web yang tersedia di pasar. Bahkan ketika Anda tidak menemukan satu software yang cocok pun, aplikasi notepad yang tersedia pada setiap paket instalasi windows Anda sudah cukup untuk melakukan pemrograman web (beberapa orang malah lebih menyukai pemakaian aplikasi yang kecil dan ringan ini daripada pemakaian aplikasi web yang besar kompleks tapi kadang-kadang mempunyai beban loading dan memakan source komputer secara besar)

Joomla Solution Extension
JoomlaSolution Extension adalah sebuah program kecil tambahan atau plugin pada software Dreamweaver yang nantinya akan memunculkan toolbar berisi tombol-tombol tambahan pada Aplikasi Dreamweaver Anda yang apabila di klik akan menghasil kan kode-kode standar program dari Joomla sehingga kita tidak harus mengetik nya lagi secara manual.
Tool ini cukup berguna untuk memudahkan pekerjaan kita dan cukup efektif untuk menghindari kesalahan ketik pada kode progam bagi kita yang baru mengenal Joomla.
Untuk menginstallnya anda cukup mengklik dua kali pada file Joomla Solution Extension yang telah Anda download dan mengikuti proses instalasinya.

XML generator
XML generator adalah sebuah program kecil yang nantinya akan membantu kita dalam membuat file instalasi template secara otomatis.
Extract file ini didalam folder htdocs didalam directory anda dan akses melalui browser dengan alamat http://localhost/xmlgenerator


donload XML-Generator :
xml generator

1 komentar to Membuat template Joomla (Bagian 2)

  1. Anonim says:

    ko' posting nya sama ky id-joomla?

Posting Komentar

Isi Komentar anda disini...
Terima kasih..

Copyright 2010 Karena ilmu adalah cahaya

Design by Money Saving Tips | Blogger Templates by Blogger Template Place