Novel Laskar Pelangi

Jumat, 18 Januari 2008


Semalem nonton Kick Andy di Metro TV, ngebahas tentang novel laskar pelangi dan pengarangnya Andrea Hirata..awalnya biasa2 aja, ada pembaca2 laskar pelangi yang diundang utk ngereview pendapat mereka tentang novel ini. komentar2 dari para pembacanya sangat luar biasa, mereka katanya sangat terinspirasi novel ini, tersentuh, sampai nangis2 segala..
sebenarnya apa sih novel laskar pelangi ? gw sendiri blom sentuh and baca tuh ovel, paling cuma liat di gramedia tapi ga pernah gw liat isinya. tapi gw makin penasaran and cari2 di internet kali aja ada donloadan gratisannya, kaya ayat2 cinta..hehe :P
yang gw baca dari milis2 yang ada dinternet, laskar pelangi ini adalah novel kisah nyata yang bercerita tentang 10 anak SD dari pulau belitung, yang juga adalah memori masa kecil dari sang penulis.
Diawali saat SD Muhammadiyah, sekolah kampung di Belitong dengan fasilitas yang sangat terbatas bahkan minus, membuka pendaftaran untuk murid baru kelas satu. Hingga saat2 terakhir pendaftaran hanya 9 orang anak yang mendaftar dan siap masuk kelas di hari pertama. Padahal sekolah reot ini sudah diancam untuk membubarkan diri jika murid barunya kurang dari 10 orang.
Jika tak ada Harun, seorang anak berusia 15 tahun dengan keterbelakangan mental, yang disekolahkan oleh ibunya agar tidak cuma mengejar anak ayam di rumah, tentu tidak pernah terjadi kisah ini. Ikal tidak akan pernah bertemu, berteman satu kelas dengan Lintang, Mahar, Syahdan, A Kiong, Kucai, Borek alias Samson, Sahara, Trapani, dan Harun. Tidak akan pernah bertemu Bu Muslimah, guru penuh kasih namun penuh komitmen untuk mencerdaskan anak didiknya. Dan tidak akan pernah ada Laskar Pelangi, yang di musim hujan selalu melakukan ritual melihat pelangi sore hari dengan bertengger di dahan2 pohon filicium yang ada di depan kelas mereka.

0 komentar to Novel Laskar Pelangi

Posting Komentar

Isi Komentar anda disini...
Terima kasih..

Copyright 2010 Karena ilmu adalah cahaya

Design by Money Saving Tips | Blogger Templates by Blogger Template Place