menyaksikan sidang skripsi

Sabtu, 26 Januari 2008


Tadi siang jam 2 saya melihat teman-teman yang skripsi di semester tujuh ini menghadapi sidang. Ini adalah sidang perdana anak Jurusan Teknik Informatika, sehingga yang ingin nonton juga sangat banyak.
saya masuk melihat jalannya sidang. ada tiga kelompok skripsi yang sidang pada jam 2 - jam 7 malam. Kelompok pertama adalah kelompok lima, dengan dosen penguji pak Gin dan pak Felix...kelompok lima ini mengajukan topik database, yaitu analisis sistem pemesanan barang berbasis web. Topik yang sangat banyak dipilih oleh jurusan TI terutama anak2 database. well, pertama kali mereka presentasi terlebih dahulu selama 12 menit, presentasi yang cukup menarik karena disertai dengan penjelasan gambar-gambar. setelah mereka presentasi dilanjutkan dengan pertanyaan langsung dari Pak Felix. bagi saya pertanyaan yang diajukan adalah pertanyaan masih umum seputar aplikasi yang mereka buat, database dan sistem yang berjalan. tapi entah kenapa kelompok lima ini mungkin karena gugup sehingga tidak semua pertanyaan tersolve dengan baik.
Di sesi kedua saya menyaksikan teman saya, kali ini saya kenal mereka. Arya temen sekelas SIG, ucup, dan yoki. mereka masuk ke ruangan dan mempresentasikan apa yang mereka buat. setelah itu seperti biasa pertanyaan2 pun mnegalir deras, mulai dari yang sederhana namun luput dari perhatian, seperti konsep metodologi dalam penyusunan skripsi, permodelan sistem, dan perancangan database. awalnya mereka gugup , cuma kegugupan2 tsb mencair karena diselingi tawa, yang terkadang mereka buat.
Dari pengalaman ini saya dapat melihat dan tentunya melakukan persiapan untuk kelompok saya nanti maju di semester delapan. ada beberapa catatan penting yang saya ringkas dari jalannya sidang tersebut yaitu :
- Nilai-nilai pada sidang yaitu :
Metodologi

Teori
Kelengkapan Data

Ruang Lingkup dan Manfaat

Saya juga menyimpulkan beberapa tips untuk yang ingin sidang
1. Pelajari dan kuasai benar2 skripsi anda, karena penguji akan menanyakan kepada anda secara acak.
2. Bersikap sopan dan apa adanya di depan penguji, jangan terlalu pede, atau terlalu gugup
3. Tenangkan diri
4. berdoa menurut keyakinan
5. percaya diri dalam menjawab setiap pertanyaan,
6. anggap penguji yang di depan anda adalah dosen pembimbing anda, dan teman2 yang menyaksikan adalah teman saat anda kuliah sehari2, sehingga andsa terasa seperti presentasi biasa di kelas.
7. jika keadaan sangat kaku, atau anda perlu berpikir, lemparkan dulu joke2 yang dapat melepaskan ketegangan anda.
8. ya tinggal menunggu hasil nilai, ada baiknya anda beramal soleh dengan teman2 anda...hehe

1 komentar to menyaksikan sidang skripsi

  1. Anonim says:

    wah... tip2 yg berguna nih buat gw sidang. Doain gw yah biar sidangnya lancar & dapet nilai terbaik... hahahaha

    amiiieeennn

Posting Komentar

Isi Komentar anda disini...
Terima kasih..

Copyright 2010 Karena ilmu adalah cahaya

Design by Money Saving Tips | Blogger Templates by Blogger Template Place